Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Bershalawat kepada Rasulullah: Dari Syafaat Hingga Melancarkan Rizki

Sholawat penyejuk hati

BOLANYAKUY.COM - Salah satu bentuk cinta umat Islam kepada Rasulullah SAW adalah dengan mengucapkan shalawat kepadanya.

Shalawat merupakan doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah kepada Allah Azza wa Jalla. Allah SWT memerintahkan kita untuk bershalawat setiap hari.

Salah satu momen kita bershalawat adalah saat salat. Dalam salat, kita diwajibkan membaca shalawat saat tasyahud awal dan akhir.

Anjuran Bershalawat

Anjuran untuk bershalawat dapat ditemukan dalam Surat Al-Ahzab ayat 56: 

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi dan ucapkanlah salam hormat kepadanya." (Surat Al-Ahzab ayat 56)

Kemudian, dalam hadits berikut:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: "Siapa saja yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).

Sebenarnya, membaca shalawat Nabi membawa banyak manfaat.

Manfaat ini tidak hanya dirasakan di dunia, seperti ketenangan batin dan keberkahan hidup, tetapi juga memperoleh manfaat yang lebih besar dari itu.

Manfaat Shalawat

1. Penarik Perhatian dan Cinta-Kasih: Allah, Malaikat, dan Rasulullah

Cinta-kasih dari Allah SWT dan para malaikat-Nya dapat diperoleh melalui shalawat.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَمَلَائِكَتُهُ عَشْرًا فَلْيُكْثِرْ عَبْدٌ أَوْ لِيُقَلِّلْ

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah dan para malaikat-Nya akan bershalawat kepadanya sepuluh kali lipat. Maka hamba (pilihan) dapat memperbanyak shalawat atau menyedikitkannya." (HR. Ibnu Abi A'shim dan Thabrani, dari Sy. Abdullah bin Umar)

2. Pelebur Dosa

Menyokong fakta tersebut, terdapat riwayat dari Sy. Abu Bakar As-Shiddiq yang berkata:

الصلاة على النبي أمحق للخطايا من الماء للنار، والسلام على النبي أفضل من عتق الرقاب

"Bershalawat kepada Rasulullah SAW lebih efektif dalam menghapus dosa daripada air yang memadamkan bara api. Mengucapkan salam kepada Nabi SAW juga memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan dengan memerdekakan budak." (Diriwayatkan oleh Al-Imam An-Namiry, secara mawquf)

3. Penjamin Syafaat (Pertolongan) Rasulullah SAW

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, sungguh aku (Rasulullah SAW) akan menjadi penolongnya kelak pada hari kiamat." (HR. Ibnu Syahin dalam kitab At-Targhib, dari Sy. Abu Bakar As-Shiddiq).

4. Menjamin Perlindungan dari Kemurkaan Allah SWT

Dari Sy. Ali bin Abi Thalib, ia berkata: "Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Malaikat Jibril telah menyampaikan kepadaku bahwa Allah SWT berfirman, 'Barangsiapa yang bershalawat kepadamu (Rasulullah SAW) sepuluh kali, maka ia akan terhindar dari kemurkaan-Ku.'" (Diriwayatkan oleh Imam Baqiy bin Mukhollad).

5. Pelancar Segala Rezeki dan Pengabul Hajat

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku (walaupun) hanya sekali, niscaya akan dikabulkan 100 hajatnya." (HR. Taymy dalam kitab Targhib, dari Sy. Khalid bin Thohman).

Suatu ketika, seseorang mendatangi Rasulullah SAW untuk meminta nasihat dan arahan tentang amalan yang bisa mendekatkannya kepada Allah SWT. Salah satu nasihat Rasulullah SAW adalah:

"Memperbanyak dzikir (ingat kepada Allah SWT) dan bershalawat kepadaku adalah penolak kefakiran." (HR. Abu Nu'aim, dari Sy. Samurah As-Suwai).

Sumber: Inilah.com

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Bershalawat kepada Rasulullah: Dari Syafaat Hingga Melancarkan Rizki"