Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktikkan 7 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Tidur Lebih Nyenyak

suasana kamar untuk tidur nyenyak


B
OLANYAKUY.COM : Tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Anda bisa menerapkan sejumlah kebiasaan ini untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per hari.

Selain kesehatan fisik, tidur juga memiliki dampak besar pada kesejahteraan mental. Kurang tidur dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, kecemasan, dan bahkan depresi. Tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan untuk menjaga keseimbangan kimia otak dan mendukung kesehatan emosional yang baik.

Namun, terkadang masalah atau kejadian sehari-hari bisa membuat tidur Anda terganggu. Untuk membantu tidur lebih nyenyak, cobalah menerapkan kebiasaan sederhana berikut ini.

1. Tidur teratur setiap hari

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu sinkronisasi jam internal tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Relaksasi

Bersantai beberapa waktu sebelum tidur dapat membantu Anda beristirahat lebih nyenyak pada malam hari. Luangkan waktu sekitar 30-60 menit untuk bersantai sebelum tidur dengan yoga, meditasi, atau membaca buku.

Disarankan juga untuk mandi dan berendam air hangat di akhir hari agar tubuh tenang dan rileks. Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mempersiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.

3. Jauhkan gadget

Kebiasaan lainnya yang membuat tidur lebih nyenyak adalah menjauhkan gadget sebelum tidur.

Sebuah studi pada 2015 meneliti dampak penggunaan ponsel sebelum tidur. Riset yang digawangi Vodafone ini menemukan bahwa separuh warga Inggris tidur larut malam demi menonton video dan mengecek email.

"Gadget sebelum tidur, atau saat terbangun di malam hari, bisa menimbulkan rasa lelah yang disebabkan stres pekerjaan," kata Profesor John Groeger, direktur riset di Fakultas Psikologi, Universitas Hull, dikutip dari Vogue.

Jadi, jauhkan gadget saat akan tidur dan letakkan di tempat yang sulit dijangkau agar tidak tergoda untuk mengintip media sosial.

4. Hindari Kafein  

Kafein bisa menghambat kemampuan tidur Anda. Sebagai alternatif, pilihlah susu hangat atau teh herbal sebelum tidur. Teh chamomile, misalnya, dikenal dapat membantu tubuh rileks karena rasa dan aromanya.

5. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman  

Pastikan kamar tidur Anda menciptakan suasana yang mendukung tidur yang nyenyak. Jaga agar kamar tetap tenang, gelap, dan santai, serta atur suhu udara pada sekitar 19 derajat Celsius, yang dianggap ideal untuk tidur.

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur membantu tubuh mencapai suhu yang ideal untuk istirahat dan membuat Anda merasa lebih rileks. Menggunakan sabun dengan aroma terapi, seperti lavender, juga dapat menambah efek relaksasi.

7. Olahraga  

Latihan aerobik selama minimal 30 menit per hari dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan, menurut Healthline. Berolahraga di luar ruangan bisa memberikan manfaat tambahan karena paparan cahaya alami membantu mengatur siklus tidur Anda. Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga di luar, aktivitas fisik di dalam ruangan juga efektif untuk tidur yang lebih nyenyak. 

Namun, hindari berolahraga satu atau dua jam sebelum tidur, karena dapat meningkatkan energi dan suhu tubuh, yang mungkin menyulitkan Anda untuk tertidur. 

Dengan menerapkan kebiasaan sederhana ini, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar untuk "Praktikkan 7 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Tidur Lebih Nyenyak"